Harus kita akui bahwa perkembangan musik di Indonesia dalam satu dekade terakhir ini menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Banyak band pendatang baru bermunculan baik di televisi maupun radio yang makin mendukung dan bersifat mutualisme di antara keduanya.

Alinea Band adalah salah satu dari sekian banyak band pendatang baru yang menghiasi musik di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Berbicara tentang negara kesatuan, Alinea Band berbeda dengan band pendatang baru lain. Yang membedakannya, band ini sangat cinta kepada tanah air. Salah satu lagunya yang berjudul “Merah Putih” penuh dengan nuansa patriotisme.

Di tengah lunturnya rasa nasionalisme dan patriotisme sekarang ini, lahirnya band yang bernuansa patriotisme tentu sangat menggembirakan. Kita salut terhadap band tersebut.

Lebih dari itu, para pendengar, termasuk saya, tentu berharap agar band tersebut lebih banyak lagi menciptakan lagu yang katakanlah berwawasan nasional. Kita sangat perlu lagu-lagu yang membawa perdamaian dan kecintaan pada bangsa dan tanah air ini.

Syukur alhamdulillah, tampaknya ada kesadaran dari kelompok band tersebut untuk membuat lagu yang bernuansa patriotisme seperti lagu berjudul “Merah Putih”

. Sebab, merasa negara ini butuh semangat para generasi muda untuk membangkitkan mental bangsa kita yang sedang mengalami krisis multidimensi.

Kita tahu, musik atau kesenian lainnya adalah suara hati nurani bangsa. Musik memiliki peran yang cukup berpengaruh untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Biarlah orang-orang bicara soal politik dan ekonomi.

Kami berharap band tersebut terus kreatif menciptakan lagu-lagu yang mampu membangkitkan semangat hidup dan kecintaan kepada bangsa dan tanah air.

sumber:suara karya online