Budaya asing setiap saat siap menguasai kita lewat berbagai pengaruh melalui perkembangn teknologi informasi, termasuk internet yang seolah tanpa batas. Kalau kita tidak ingin terpengaruh budaya negatif bangsa lain, kita harus maju untuk menjadi bangsa yang kuat dan tangguh.

Era dunia global menuntut kesiapan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas. Bukan hanya dari segi kemampuan dan keterampilan, melainkan yang lebih utama adalah dari segi iman dan moral. Manusia berkualitas bukan hanya mampu, melainkan juga harus bermoral. Selain untuk menghadapi persaingan dengan bangsa lain, manusia bermoral khas Indonesia harus mampu melawan pengaruh-pengaruh negatif yang terus menghadang di masa-masa mendatang.

Untuk itulah, SDM-SDM kita perlu dipersiapkan secara matang dan mantap. Ini penting agar kita dapat mempertahankan budaya kita sendiri yang beradab.

Dalam menyikapi perkembangan dunia global, kita harus realistis. Hindari pandangan sempit, bersikap keras kepala menampik pengaruh budaya asing, namun kita sendiri hanya bersikap pasif, pasrah, dan hanya berpangku tangan, tak ada keinginan untuk maju.

Kerja keras diperlukan untuk bisa menangkal pengaruh negatif budaya asing. Yang utama, kita tidak boleh bosan-bosan untuk terus meningkatkan kualitas diri, termasuk dari segi moral agar menjadi bangsa terhormat di mata dunia.